Kepala BAPENDA Gagas Sistem Pembayaran Pajak Online

Dalam upaya menekan kebocoran pendapatan anggaran khususnya dari sektor Pendapatan Asli Daerah dari WajibPajak, Kepala BAPENDA Sergei mencetus pengembangan aplikasi system pembayaran Online secara Host

to Host dan pelaporan pajak daerah berbasis teknologi informasi atau yang disebut dengan e-SPTPD.
e-SPTPD adalah system aplikasi yang dibangun berbasis web yang dikembangkan sebagai sarana wajib pajak untuk melaporkan dan membayar kewajiban pajak daerahnya secara online serta dapat diakses dimana saja.
Ditemui di Kantor Dinasnya, Kepala BAPENDA Sergei, M.Zuhri Lubis mengatakan bahwa tujuan dikembangkannya system e–SPTPD ini untuk mengamankan optimalisasi penerimaan dari sektor pajak daerah. Bima mengatakan bahwa system ini akan menjunjung tinggi azas transparasi dari pengelolaan pajak daerah,meminimalisir adanya potensi penyimpangan dalam penerimaan pajak di lapangan serta upaya peningkatan pelayanan kepada Wajib Pajak.
“Sistem pembayaran pajak online ini dikembangkan untuk meminimalisir pertemuan antara petugas pajak dengan wajib pajak, sehingga menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan” tegas Zuhri.
Penerapan system online ini adalah yang pertama di Sumatera Utara dan dilakukan melalui system Host To Host antara Dispenda dengan Bank sehingga data yang masuk ke Dispenda juga sama dengan yang diterima oleh Bank secara realtime.Penggunaan system pembayaran pajak online ini akanresmi di launching pada bulan September 2017 dengan uji coba akan dilakukan pada Senin 18 Agustus ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *