Potensi Besar dan Rasa Nyaman

Ide Kepala Bapenda Serdang Bedagai, M.Zuhri Lubis untuk merancang sistem online dalam pemungutan retribusi dan parkir bukan  semata-mata untuk meraup pajak yang potensinya dinilai sangat besar. Tetapi yang lebih penting
daripada pajak, adalah rasa nyaman bagi para wisatawan yang memasuki suatu objek wisata. Menurut Zuhri Lubis pada parkir online, wisatawan akan melalui hanya satu gate (pintu terintegrasi) dan sistem tiketnya All in one. “Dengan sistem itu, wisatawan akan menekan knop maka pintu akan terbuka dan kendaraan yang masuk objek wisata akan terdata lengkap, sehingga wisatawan akan merasa aman dan nyaman,” katanya kepada DenPost Minggu (24/1) kemarin.
Umpan balik dari rasa aman tersebut, kata dia, wisatawan akan datang kembali ke objek wisata yang pernah dikunjunginya. “Kalau wisatawan merasa tidak aman dan nyaman, jangan harap dia mau datang lagi untuk kedua kali dan seterusnya, ” katanya.
Zuhri Lubis optimis dengan sistem retribusi dan parkir online tersebut, pajak retribusi dari pariwisata bisa optimal dan dipertanggungjawabkan secara transparan. Karena itulah, kata dia, Bapenda akan mendorong sistem tiketing online tersebut dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 ini, paling tidak dilaksanakan pada anggaran perubahan.
Langkah awal yang segera ditempuh adalah dengan mengadakan rapat koordinasi dengan instansi terkait, diantaranya Diparda, Bina Marga, Dishub untuk perencanaan persiapan perangkat keras dan lunak. Dia berharap persiapan perangkat tersebut bisa dikerjakan dalam waktu tiga bulan, sehingga sistem tersebut bisa diterapkan pada anggaran perubahan 2017 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *